PHBS, Rutinitas Ahad Bersih Santriwati Ponpes Terpadu Al-Multazam

AM (31/07) Setelah sarapan dan berolahraga para Santriwati melaksanakan Ahad Bersih di asrama masing-masing. Agenda ini merupakan rutinitas wajib bagi seluruh santriwati Ponpes Terpadu Al-Multazam. Para santriwati membagi tugas untuk membersikan kamar mulai dari membersihkan kamar mandi, menyapu dan mengepel kamar, menyapu halaman, dan mencuci tong sampah. Selain bersih-bersih kamar, hari Ahad juga dimanfaatkan santri untuk mencuci sepatu dan menjemur kasur.

Setelah santri selesai melaksanakan bersih-bersih asrama, pengurus OSMA bagian Lingkungan Hidup (LH) akan berkeliling asrama melakukan pengecekan kebersihan. Kemudian memberi sticker untuk setiap kamar terbersih dan untuk kamar yang masih kurang bersih. Pemberian reward ini memotivasi santri untuk semangat membersihkan kamar.

Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) oleh santri sangat penting untuk membiasakan diri dan menubuhkan rasa tanggung jawab akan kebersihan dan kerapihan lingkungan. Para santriwati bergilir melaksanakan tugas yang berbeda setiap harinya, hal ini agar setiap santri bisa melakukan semua tugasnya secara mandiri.

(DV-Kontributor Pembinaan Al-Multazam)

    Leave Your Comment Here