Assalamualaikum.Warahmatullahi Wabarakaatuh…

Prakata

Segala puji hanya milik Allah Swt, Rabb semesta alam yang senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya kepada kita semua. Sholawatdan salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada Nabi Agung, Rasulullah Muhammad Saw, pada keluarga, sahabat, tabi’in dan kita selaku umatnya yang senantiasa menghadapkan syafaatnya di yaumul akhir kelak. Allahumma Aamiin… Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok pesantren memiliki peran penting dalam sejarah pendidikan di Indonesia, bahwa pondok pesantren merupakan pendidikan asli zaman dahulu dengan system asrama. Sistem asrama sebagai system pendidikan di dalam pondok pesantren menempatkan peran pendidik untuk mendidik para santri dengan kedisiplinan yang optimal melalui bagian pengasuhan santri. Peran bagian pengasuhan santri komplek dalam merencanakan, mengontrol, mengawasi sehingga mengevaluasi proses kegiatan dan program selama 24 jam dengan pendekatan dan metode yang sistematik. YPI Al-Multazam HK adalah yayasan pendidikan yang berada di Desa Manis kidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan. Dengan Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi

Qur’ani, Akhlak Mulia, Prestasi dan Terampil Berbahasa

Misi

1. Mencetak Hamilul Qur’an dengan pemahaman dan pengalaman 
2. Menumbuhkan budaya dan iklim pendidikan yang Islami 
3. Meyelenggarakan kegiatan belajar yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan sumber daya yang ada. 
4. Menerapkan kultur bahasa yang baik dan santun 
5. Mewujudkan pribadi yang berkualitas , professional dan islami 
6. Mencetak ulama yang intelektual dan intelektual ulama.

Dari Visi dan Misi tersebut di rangkum kedalam Kurikulum Iqra, yaitu kurikulum yang berbasis nilai-nilai islam dengan mengintegrasikan kurikulum 2013 dan kurikulum khas Pesantren Terpadu Al-Multazam secara integral. IQRA merupakan brand kurikulum Al-Multazam dengan focus penguatan di ranah Intelegent, Qur’anic, Religius dan Attitude. Intelegent adalah Prestasi dan Kompetensi Santri yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia global berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an. Qur’anic adaah Sumber nilai dalam berfikir, bersikap dan berperilaku sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an. Religius adalah Berakhlak mulia dalam kehidupan masyarakat dan sehari-hari berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an. Attitude adalah Sikap peserta didik terhadap diri sendiri dan lingkungan sesuai tuntunan Al-Qur’an. Berdasarkan muatan kurikulum IQRA di atas, Religius dan Attitude merupakan pundamental utama dalam Pembinaan/Pengasuhan Santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Untuk merealisasikan pendidikan pembinaan di Asrama,

Kami terbentuk 5 Unit Kerja, yang dimana setiap unit memiliki program kerja masing-masing. Di antara 5 unit tersebut, yaitu :

 1. Unit Keasramaan : Fokus pada tatanan Asrama / tempat tinggal santri. 

2. Unit Kedisiplinan : Fokus pada tatanan Kedisiplinan santri, agar seluruh kegiatan santri di pondok dapat berjalan dengan. 

3. Unit Ibadah : Fokus pada tatanan Ibadah santri (baik yang wajib maupun yang sunnah) 

4. Unit Bina Karakter : Fokus pada tatanan pendidikan karakter santri. 5. Unit OSMA : Fokus pada tatanan Pembelajaran Keorganisasian Santri.

Seluruh Program kerja yang di buat dan di sepakati selanjutnya di laksanakan oleh seluruh santri dan  di dampingioleh para Waliasrama. Waliasrama/Musyrifah adalah sebagai waliorangtua santri di asrama, yang dimana  Waliasrama senantiasa bersentuhan dan interaksi langsung dengan santri selama 24 jam, sehingga dalam pelaksanaannya,waliasrama harus dibekali Ilmu /pengetahuan yang mumpuni agar dalam prosesnya tepat sasaran sesuai harapan Visi dan Misi Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. 

Quality Assurance

• Beribadah dan belajar dengan kesungguha 


• Menghafal dan mengaplikasikan doa harian 


• Menumbuhkan sikap dan ahlak yang mulia

Info Struktural