Seminar Sehari Menuju Pengenalan Diri

Bagian Pembinaan Putri (15/3/2022) Bersama Komunitas Heart New Me (HNM), Bagian Pembinaan menggelar seminar sehari sebagai upaya perbaikan diri agar mampu menghadapi Setiap persoalan penuh dengan ketenangan. Seminar ini mengusung tema “SC-1, Ma’rifatullah”.

HNM Community adalah Komunitas berbasis agama dan psikologi untuk para pembelajar yang ingin entas masalah menuju pribadi sehat yang holistik ( sehat fisik, psikis, pikiran, spiritual dan sosial).

Kegiatan seminar ini diisi oleh oleh pasangan suami istri yang merupakan Pembina dan founder dari HNM Community yaitu Ust. Ahmad Hisyam, SE.I. dan Umi Alia Kurniawati, S.Psi., CH., CHT.

Dalam seminar ini kita diajak untuk mengenal jati diri manusia yang sehat secara fisik, emosi, pikiran, spiritual dan sosial, yakni:
• Sehat secara spiritual karena hati dan ruhnya diaktifkan dan diberi nutrisi spiritual.
• Sehat pikiran karena akalnya dilatih dan dipakai dalam menghadapi problem kehidupan hingga terbiasa rasional dan objektif
• Sehat Emosi karena Hawa nafsunya di ajari, diatur, diarahkan dan dikendalikan agar tetap berada pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan dengan cara yang benar, tepat dan aman
• Sehat fisik karena seluruh faktor kesehatan fisik diperhatikan secara utuh. Sehat fisik bukan sekedar pola makan, istirahat dan olah fisik akan tetapi juga dipengaruhi oleh kesehatan psikis, pikiran, spiritual dan sosial.
• Adapun kesehatan sosial akan lebih optimal bila telah terwujud kesehatan fisik, psikis, pikiran dan spiritual.

Untuk mencapai kebutuhan jasmani dan rohani bisa diupayakan dengan 6 hal, di antaranya:
I. Makrifatullah (Mengenal Allah Ta’ala.)
II. Commonsense (Teknik Berpikir Sehat)
III. Problem Solver ( Menjadi Pribadi Pemecah Masalah)
IV. Helping Heart (Membentuk Mental Penolong)
V. Self Healing (Metode Mengobati diri sendiri)
VI. Passion (Metode menumbuhkan Bakat dan Minat)

Seminar sehari tersebut fokus pada tahapan pertama yakni Ma’rifatullah. Dari tahapan itu, banyak hal menarik yang membuat kita merenung, betapa selama ini kita terlalu banyak khawatir tentang kehidupan, padahal Allah sudah mengalir semua tindak tanduk kehidupan setiap mahluk.
Karena selain Robbul ‘Aalamiin, Allah adalah Robbunnas, yang mengatur segala kehidupan manusia.

Semoga dengan kegiatan tersebut, kita, Bagian Pembinaan mampu memahami bahwa segala bentuk persoalan datangnya dari Allah dan meyakini di dalamnya terdapat banyak kebaikan. Sehingga dalam mendidik orientasi utamanya adalah Allah Swt. (PI)

Leave Your Comment Here